BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

Saturday, December 29, 2007

'Bout AIDS !!

Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) merupakan penyakit menular yang mematikan yang disebabkan oleh Human Immunodeficiency Virus (HIV), suatu virus dari golongan retrovirus. Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, dalam hal ini sel T helper yang memiliki penanda CD4. Adanya infeksi HIV, penderita akan mengalami penurunan daya imunitasnya, dan sebagai konsekuensi adalah munculnya berbagai kondisi yang disebabkan penurunan imunitas tersebut.

Virus HIV dapat menyebar secara luas ke seluruh dunia sehingga terjadi pandemi. Penularan HIV dapat melalui berbagai macam cara, yaitu melalui produk darah (transfusi, injeksi), kontak seksual yang tidak aman, ASI dan kontak luka.

Dari tahun ke tahun jumlah kasus HIV-AIDS baru memiliki kecenderungan meningkat dengan pesat. Sampai tahun 2005 penderita HIV-AIDS di seluruh dunia telah mencapai kisaran angka 3,6 – 4,53 juta. Disebutkan bahwa setiap 1 menit ada 5 orang terinfeksi HIV. Di Indonesisa sampai September 2006 kasus HIV positif mencapai kisaran 4,9 ribu sedangkan penderita AIDS sekitar 6.987 yang tersebar diseluruh propinsi. Dengan kata lain tidak ada daerah/ propinsi di Indonesia yang bebas dari HIV-AIDS. Di Propinsi DIY terdapat lebih dari 280 kasus HIV-AIDS yang tercatat. Diperkirakan jumlah kasus sesungguhnya jauh melampaui angka-angka tersebut karena fenomena HIV-AIDS merupakan fenomena gunung es karena masih kuatnya stigma di masyarakat mengenai HIV-AIDS shingga penderita takut untuk memeriksakan diri ataupun mencari pengobatan. Pada tahun 2010, diperkirakan terdapat 1-5 jutaan kasus HIV-AIDS di Indonesia. Sungguh suatu angka yang menakutkan.

Pada awal ditemukan, AIDS banyak diderita oleh kaum homoseksual. Saat ini terdapat perubahan pola penderita dan cara penularannya. Tren saat ini, penderita HIV-AIDS didominasi oleh kelompok heteroseksual dan pengguna narkoba jenis suntikan (Injection Drugs User-IDU). Bahkan di Yogyakarta, lebih dari 80% penderita HIV-AIDS yang dirawat di rumah sakit adalah IDU. Jumlah penderita paling banyak laki-laki dan anak-anak kurang dari 15 tahun. Perbandingan penderita laki-laki dan wanita sebesar 4,5:1. Adanya perubahan pola tersebut berkaitan erat dengan tingginya penyebaran dan penyalahgunaan narkoba dan perilaku seks bebas (tidak aman dan tidak bertanggung jawab) di masyarakat saat ini.

-tha-

0 comments: