BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

Friday, December 28, 2007

alkohol..?! engga deh

jumat, 28 Desember 2007

Bukan hanya narkoba aja yang bikin manusia tersesat ke dalam lingkaran setan. Satu langkah sebelum seseorang mengenal narkoba, biasanya mereka lebih dulu terbius dalam jeratan alkohol. Kata alkohol sering dipakai untuk menamai senyawa organik yang tersiri dari unsur-unsur karbon, hidrogen, dan oksigen. Dari semua junis alkohol, yang paling dikenal adalah metil alkohol atau minuman keras yang berasal dari biji-bijian, dan etil alkohol yakni minuman keras yang berasal dari buah anggur.

Beberapa negara yang sadar akan dampak negatif alkohol, melarang penggunaan alkohol sebagai minuman keras. Meskipun demikian, berbagai produk baru dan teknologi yang semakin maju, terus diciptakan. Para pengusaha minuman keras tidak keberatan untuk membayar pajak minuman keras yang kebanyakan dibebankan kepada konsumen.

Padahal, banyak penelitian yang mengatakan kalau pengonsumsi alkohol dalam jumlah aman sekalipun, akan menurunkan efisiensi kerja. Dr. Irwin H. Neff, kepala rumah sakit ketergantungan alkohol di Norfolk, Massachussets menyatakan bahwa orang-orang yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah aman cenderung lebih mudah terserang penyakit organ tubuh daripada orang yang sering mabuk. Selain itu, secara umum kepekaan saraf dan otot setiap individu akan mengalami penurunan, daya pandang dan koordinasi otot-otot motorik mata dan lengan juga akan menurun.

Minuman keras ringan seperti bir, lebih memicu dan menumbuhkan kebiasaan untuk minum minuman keras. Dr.Charles Gilbert Davis dari Chicago mengatakan kalau bir merupakan penyebab penyakit perut, ginjal, jantung, dan pembuluh darah. Bahkan, para ilmuwan Amerika sepakat untuk mengambil kesimpulan bahwa bajingan yang paling berbahaya di kota-kota besar adalah para peminum bir.

Simak saja berbagai berita kriminal di televisi. Banyak kejahatan berawal dari seseorang yang berada di bawah pengaruh alkohol. Tidak hanya itu, alkohol pun sering dihubungkan dengan kecelakaan lalu lintas. Sebanyak 60 persen kematian saat berlayar melibatkan alkohol. Sekira 30.000 orang terbunuh setiap tahunnya karena berbagai jenis kecelakaan yang berkaitan dengan kendaraan bermotor.

Sebuah komisi yang dibentuk oleh kerajaan Inggris, ditugaskan untuk meneliti keterkaitan antara alkohol dengan tindakan amoral, memberikan fakta-fakta yang mengejutkan. Di antaranya adalah:
- Minuman keras yang menghancurkan kendali diri merupakan penyebab utama munculnya kekacauan sosial; seorang yang mengonsumsi alkohol mudah tergoda untuk melakukan tindakan buruk yang biasanya mampu ia hindari. Seorang dokter melaporkan bahwa dari seribu kasus yang ia tangani, 80 persen terkait penyakit kelamin yang diperoleh penderita melalui hubungan seksual saat dipengaruhi alkohol.
- Alkohol menyulitkan penanganan terhadap pasien-pasien seperti itu.- Alkohol memperburuk penyakit-penyakit yang ditimbulkan oleh pergaulan seksual yang bebas.
Jadi, masih tergiur dengan alkohol? Pikir-pikir lagi, deh… ***

-tha-

0 comments: