BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

Friday, December 28, 2007

Alkohol Memperlambat Rematik


Penyakit rematik merupakan jenis penyakit yang belum ada obatnya. Obat yang ada hanya bisa mengurangi rasa nyeri, tapi tidak untuk menyembuhkan. Namun kini ada kabar menggembirakan seputar pencegahan penyakit ini dari para ilmuwan di Swedia.
Lewat percobaan yang mereka lakukan terhadap tikus, terbukti bahwa alkohol bisa mengurangi risiko rematik jenis Rheumatoid Arthritis (RA). RA merupakan jenis yang paling banyak diderita masyarakat. Gejala yang dialami adalah sendi kaku dan sulit bergerak.
Meski terbukti bisa mencegah rematik, peneliti mengingatkan bahwa penelitian baru dilakukan pada hewan, jadi jangan terburu mengonsumsi alkohol banyak-banyak untuk menghindari penyakit ini.
Menurut penelitian, alkohol membuat tubuh memproduksi autoimun atau sistem kekebalan, pada jaringan otot di tulang sendi. Hal itu pada akhirnya akan meningkatkan kadar testosteron dan menurunkan peradangan, yang merupakan bagian dari proses rematik.
Dalam penelitian ini, tikus percobaan diberi suntikan kolagen yang menyebabkan tikus-tikus ini menderita AR. Terdapat perbedaan yang signifikan terutama pada penurunan gejala penyakit rematik pada tikus yang minum air dengan kadar alkohol 10 persen dibandingkan dengan tikus yang minum air tawar.
Sekali lagi, percobaan ini baru terbukti pada tikus, masih diperlukan percobaan lebih mendalam lagi sampai terbukti bisa digunakan pada manusia. Lagi pula, menurut tim peneliti, penelitian ini hanya berhasil membuktikan pencegahan penyakit AR, bukan pengobatannya
.
-tha-

0 comments: